Jurnal Proyek Rawat Diri: Minum Air Putih

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Dari zaman kecil dulu, ibuku sering menganjurkan dan mengingatkan untuk banyak minum air putih. Beliau biasanya membawa air putih setiap hari sebelum tidur di malam hari ke kamar. Tujuannya adalah supaya tepat sebelum tidur minum air putih. Kemudian setelah bangun tidur keesokan harinya pun langsung minum air putih. Kebiasaan baik ini sesungguhnya menular kepadaku. Tetapi sayangnya kemudian kebiasaan ini terhenti menjadi sesuatu yang hanya kadang-kadang kulakukan.

Tetapi mengapa beliau mengatakan minum air putih penting? Lalu ada juga pertanyaan berapa banyak sebaiknya minum setiap hari? Apakah hanya air putih saja yang baik?

Persentase terbesar penyusun tubuh kita adalah air. Kira-kira 50-70% dari total berat badan manusia adalah air. Komponen penyusun tubuh kita sampai ke komponen yang terkecil (sel), membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Setiap saat tubuh kita pun kehilangan cairan ini melalui proses yang terjadi dalam tubuh. Buang air kecil, buang air besar, berkeringat, bernafas adalah proses-proses yang dimaksud.

Oleh karena itu manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Kebutuhan manusia sendiri berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya jenis kelamin, usia, saat hamil dan menyusui, kondisi kesehatan tubuh kita, seberapa aktif dan dimana kita lokasi kita tinggal.

Jangan sampai kita jatuh dalam keadaan dehidrasi. Dimana tubuh manusia kekurangan cairan sehingga fungsi organ-organ tubuh tidak dapat berjalan dengan baik. Tubuh kita pun jadi terasa lemas, demam, terjadi kesulitan buang air besar (konstipasi), muncul batu ginjal, akal tidak dapat berfungsi dengan baik dan tentu saja adalah perubahan suasana hati.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan manusia, maka para pakar kesehatan menganjurkan setiap orang untuk minum 8 gelas sehari. Apabila kita menemui situasi-situasi dimana terjadi pengeluaran cairan yang lebih, maka jumlahnya harus ditambah.

Kebutuhan cairan ini sebenarnya tidak 100% dipenuhi dari minum. Menurut penelitian 20% kebutuhan cairan ini terpenuhi melalui proses makan. Sebanyak 80% atau sebagian besar kebutuhan dipenuhi melalui proses minum.

Sebaiknya kita membiasakan diri untuk meminum air putih sebab air yang rasanya tawar ini biasanya tidak ditunggangi oleh tambahan gula yang berarti ada tambahan kalori. Tentu saja kebutuhan cairan kita ini selain dengan air putih boleh juga diselingi oleh jenis minuman lainnya. Tetapi membaca pernyataan sebelumnya, ada baiknya untuk memprioritaskan air putih.

Tantangan minum air putih

Sumber foto: Telegram pendampingan selfcare project

Tantangan pertama di pekan rawat diri ini adalah menjadikan minum air putih sebagai habit. Kami diminta untuk melakukan observasi terhadap diri sendiri tentang seberapa perhatiankah kita terhadap pemenuhan kebutuhan cairan bagi tubuh kita sendiri. Bagaimana kami melakukan pembiasaan baik ini dalam satu hari. Apakah ada jadwal sebagai pengingat untuk minum air putih. Apakah selain air putih para peserta mentoring juga mengkonsumsi jenis minuman lainnya.

Apa yang aku lakukan?

Sejak beberapa bulan lalu aku memiliki Bullet Journal. Salah satu habit tracker yang aku buat adalah tentang healthy and selfcare. Salah satu poin yang ingin kujadikan kebiasaan adalah minum air putih pagi hari. Sejauh ini, minum air putih adalah kegiatan yang hampir selalu kulakukan tiap hari. Sayangnya jumlah air yang kuminum ini biasanya tidak sampai satu gelas, jarang sekali. Paling banyak dan paling sering setengah gelas air putih dingin kuminum setiap pagi. Setelah minum air putih biasanya aku akan membuat teh hangat dengan pemanis madu sebanyak satu gelas. Porsi ini sudah pasti aku habiskan.

Ada dua skenario minum teh hangat ini hihihi.. Aku menjalani skenario dimana air teh ini kuminum sebagai teman makan kurma. Skenario yang lain teh hangat kujadikan teman sarapan. Karena aku tidak sarapan di rumah, aku pun membeli beberapa roti dan segelas kopi susu di stasiun. Kopi ini kuminum tanpa gula.

Sesampainya di tempat kerja aku langsung minum satu gelas air putih. Kebetulan kolegaku ketika aku datang baru saja selesai menyeduh kopi. Aku pun menuangkan setengah gelas kopi tanpa gula dan susu. Aku tidak begitu yakin tetapi sepertinya aku masih minum air putih lagi sebanyak dua gelas selama di kantor. Habit minum kopi ini sejak aku kerja jadi meningkat porsinya. Tetapi aku membatasi diri paling banyak dua gelas saja setiap hari.

Setibanya di rumah karena cuaca dingin aku pun kemudian membuat satu gelas teh hangat tanpa pemanis apapun. Sampai menjelang tidur malam sepertinya aku masih minum sekitar dua gelas air putih.

Evaluasi

Berarti bila ditotal aku dalam satu hari sudah minum sebanyak (paling tidak) 7 gelas ya? Meskipun jumlah gelas air putihnya tidak lebih banyak atau bahkan berimbang dari air berwarna lainnya.

Baiklah bila dievaluasi seperti ini jadi terlihat bahwa konsumsi air putihku sudah lumayan sepertinya ya. Mungkin akan lebih baik lagi jika aku memperbanyak minum air putih.

Menurut flyer yang aku baca dari Germas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, minum air putih ini banyak sekali manfaatnya seperti yang ada di flyer dibawah ini.

Rencana

Dari hasil observasi dalam satu hari sebetulnya aku sudah cukup banyak minum. Tetapi karena menulis jurnal ini aku jadi menemukan manfaat minum air putih sebelum dan setelah bangun tidur, seperti halnya yang dilakukan ibuku setiap hari. Oleh karena itu untuk saat ini aku akan membiasakan diri untuk minum air putih setelah bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam. Kemudian aku akan mengajak anakku dan suamiku untuk memulai pembiasaan sehat ini.

Apresiasi Diri

Aku memberikan apresiasi untuk kebiasaan minum air putih ini dengan dua hati. Sebab aku sudah memiliki kebiasaan minum air putih meskpun jumlahnya mulai saat ini harus ditambah lagi.

Sumber gambar: Canva

Yuuukk teman-teman kita perbanyak minum air putih setiap hari!

-ameliasusilo-

Referensi:

Mayo Clinic. 2020. Water: How much should you drink everyday? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water

Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Get the Facts: Drinking Water and Intake. https://www.cdc.gov/nutrition/data-statistics/plain-water-the-healthier-choice.html

Berbagai Flyer Germas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

2 Comments Add yours

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.