Bauarbeiten und Umleitung

Bauarbeiten = constraction works

Umleitung = alternative routing

Minggu lalu anak kecil hampir setiap hari terlambat datang ke Krippe. Alasannya karena ada pekerjaan konstruksi jalan di sepanjang jalan besar dekat rumah, bis yang biasa kami naiki setiap pagi tidak bisa lewat dan berhenti di halte langganan. Akibatnya aku harus mendorong Kinderwagen si bocah ke halte bis berikutnya atau halte bis nomor lain yang letaknya sekitar 10 menit jalan kaki. Tentu saja terlambat karena menit kami berdua pergi dari rumah saat itu masih sama seperti menit kami pergi dalam keadaan normal -_______- Intinya kami yang kurang disiplin sih hehehe

Disini aku mau cerita bahwa kejadian begini tentunya bukan salah dari bagian PU maupun pemerintah kota. Pemberitahuan adanya pemindahan rute bus dan perbaikan jalan sudah diumumkan sekitar seminggu sebelum hari H. Informasi yang dimaksud ditempel di halte dan baru akan dicabut setelah jam kerja bis berakhir. Sehingga masyarakat tahu dan sudah menyiapkan jadwal alternatif yang lain.

Sayang aku lupa mendokumentasikan contoh pemberitahuan bis kasus kami minggu lalu. Contoh pemberitahuan yang bisa aku dapatkan di internet kurang lebih seperti ini:

Source here
Source here
Disitu biasanya menyebutkan tanggal dan jam dimana alat transportasi tidak bisa digunakan dan alternatif transportasi yang bisa dipilih. Contoh diatas itu adalah pemberitahuan tentang U-Bahn.

Meskipun sudah ada pengumuman terkadang aku masih bertemu dengan orang-orang yang berdiri setia menunggu bis di halte hihihi..  

Hannover sedang ada banyak perbaikan jalan maupun rel U-Bahn. Jika sedang terburu-buru kadang mengganggu sih meskipun sebenarnya bisa dihindari dengan berangkat lebih awal ya. Untung perbaikan di dekat rumah hanya 5 hari. Jika seperti di jalan sepanjang ZOB-Erns August Gallery yang berbulan-bulan mungkin bisa bikin garuk-garuk kepala šŸ˜€

Apakah di kota lain di Jerman maupun negara lain ada kejadian yang sama dengan disini?

-ameliasusilo-

 

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. zbethz says:

    Waktu tinggal di Berlin dulu sering mengalami beginia Mia, Berlin kan ‘permanen’ membangun tapi lokasinya saja yang pindah-pindah. Kalau di kota tempat aku tinggal ada juga tapi nggak sering, masih termaafkan šŸ˜„

    1. ameliasusilo says:

      Hanno lagi giat membangun. Selalu ada jalan yang ditutup tapi untungnya ada alternatif jadi masih oke hehe

  2. denaldd says:

    Wah di Den Haag ini nampaknya di mana2 selalu ada yg namanya renovasi ataupun bangun gedung atau jalan baru. Aku sampai mbatin, ini kota mbangun kok ga selesai2. Kata suami, sisi positifnya jadi tahu pajak yg dia bayar larinya kemana haha. Kalau di sini setiap ada perubahan jadwal transportasi publik juga jauh2 hari sudah ada pengumuman baik di website resmi mereka maupun di tempat2 menunggunya. Dan tulisannya gede Mia, ga kayak yg di fotomu itu. Jadi kayak papan gede yg ditaruh didepan halte (misalkan kalau bis atau tram). Dan di dalam bis atau tram juga diumumkan dari tanggal berapa sampai berapa perubahannya atau dialihkan ke tram atau bis jurusan lainnya.

    1. ameliasusilo says:

      waaah berarti sama ya bangun membangun tiada henti. Kalau petunjuknya seperti di Den Haag mungkin ga ada penumpang yang kecele hihihi.. AKu salut dengan negara2 eropa ini, meskipun adanya pembangunan membuat tidak nyaman tetapi mereka memberikan solusi jadinya aktivitas tidak terganggu dan tidak ada kemacetan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s