Alternatif Kegiatan Persiapan Kelahiran di Jerman Lainnya

Masih seputar kehamilan dan menuju proses melahirkan postingannya 🙂

Aku rajin banget browsing sejak awal hamil tentang hal – hal pendukung supaya kehamilan dan proses melahirkannya lancar. Di Hannover banyak tempat dan kegiatan sebetulnya. Tetapiii berhubung status suami – istri masih mahasiswa dan kursus – kursus tersebut biayanya lumayan tanpa ditanggung askes, akhirnya hanya berenang dan akupuntur yang kupilih.

Berenang: lokasinya di MHH Gebäude K8.

Di Hannover ada beberapa tempat yang menawarkan kursus renang, diantaranya Elternschule MHH, AWO Hannover, dan Schwimmschule Froschkönig. Aku pilih MHH karena waktu kursusnya lebih pas di pagi hari. Biayanya 11€/kedatangan, tapi kita bisa beli paket untuk 10 kali kedatangan biayyanya 50€. Kolam renangnya indoor seperti pada umumnya kolam renang di Hannover, airnya hangat dan kondisi ruangannya pun hangat. Berhubung ini kursusnya untuk ibu hamil, jadinya enak jam tersebut di blok khusus buat kita – kita aja perempuan. Pelatihnya juga perempuan separuh baya, dan sudah terlatih. Si ibu ikut masuk ke kolam jadinya tidak hanya teriak kasih instruksi dari pinggir kolam. Durasi 1 jam ituuu terasanya cepet looh.. Perasaan baru nyemplung tahu – tahu sudah selesai. Di brosurnya tidak ada keterangan diperbolehkannya dari usia kehamilan berapa minggu. Kalau di AWO setelah 12 minggu. Tapi aku pernah tanya sama dokter kandunganku dari awal kehamilan sampai hamil besar mau berenang tidak ada masalah.

Baju renang hamil
Baju renang hamil

Aku ikut 1-2 kali kalau tidak salah ingat. Beli baju renang khusus hamil di ebay, murah meriah. Seneng banget waktu pakai baju renang itu dengan perut mulai nyembul. Pertama kali saking semangatnya datang 15 menit lebih awal, walhasil masih sepi dan sempet kepikir mungkin kursusnya dibatalin. Akhirnya pilih tunggu siapa tahu memang belum datang, ternyata benar ketika dekat jam kursus mulai datang si pelatih dan ibu – ibu hamil lainnya. Ada yang perutnya masih kecil, ada juga yang besar hamil tua weewwww… Dan berenangnya pun masih gesit weeehh..

Apa aja yang kita lakukan selama 1 jam? Awalnya senam dalam air. Kemudian kita dikasih alat bantu seperti bola, dan sponge panjang. Kegiatannya ada yang dilakukan berbarangan tapi kebanyakan individual sih. Yang terakhir, kita semua disuruh berenang gaya bebas/katak ke ujung seberang dan baliknya lagi gaya punggung. Pas di dalam air berasa capek tapi setelah keluar dari kolam rasanya badan enteng. Agak menyesal juga kenapa tidak dari awal ikutan, bagus buat mengurangi nyeri selama hamil dan badan pun jadi lebih ringan.

Akupuntur: Friederikenstift

Yang aku tahu di klinik kebidanan hampir pasti menawarkan akupuntur, syaratnya setelah kehamilan masuk trimester 3. Berhubung di RS yang jadi pilihan kita menawarkan praktik ini, jadilah aku datang kesana sendirian. Menurut yang aku baca, manfaatnya bisa mengurangi nyeri pada saat kontraksi maupun melahirkan. Sempat takut sih, ditusuk – tusuk sama jarum badanku, mana datang sendirian kalau sakit banget suami tidak ada hikkkssss… Taapiiii demi mengurangi nyeri – nyeri aku tetap semangaaat.

Datang masih pede, ketika pencet bel ruang bersalin mulai dagdigdug “kalau sakit gimana???” Waktu pintunya dibuka sama Hebamme disitu dan disapa ramah degdegannya mulai lumer dikit. Ternyata ruangan yang dipakai itu ruangan tempat aku Geburtsvorbereitungskurs. Di ruangan itu sudah ada 2 bumil lainnya yang lagi diterapi sambil duduk. Jadiii yang ditusuk jarum hanya kakinya tok! Hueehehehee.. Kepikirnya seluruh badan atau paling engga di area seputar melahirkan, ternyata malah di kaki 😀 Yang jadi sensei nya salah satu Hebamme disitu yang sudah terlatih. Beliau ramah, tanya -tanya sedikit, dan menjelaskan prosedurnya.

Ada empat titik yang tusuk jarum per kaki. Pas ditusuk rasanya kaya sengkring kalau kita kesetrum pas lagi senggolan itu looh. Ngilu dikit tapi cepet hilangnya. Yang paling sakit itu pas di jari kaki. Kalau tidak salah ingat 20 atau 30 menit durasinya dengan biaya 15€. Pada saat proses bukaan kalau mau bisa minta akupuntur, biayanya ditanggung askes.

IMG_5947

Seperti yang kutulis sebelumnya, banyak opsi untuk kegiatan selama hamil di Hannover ini. Ya itu terpentok biaya, masih mahasiswa pas-pasan hehehehe… Massage adalah salah satu yang aku kepingin banget lakukan tetapi tidak sempat. Entah kenapa maju mundur terus pas dekat waktu pelayanannya. Padahal kalau mau bisa juga dipanggil ke rumah. Tapi jangan dibayangin seperti di Indonesia yah.. Kenapa? soalnya cuma sebentar waktu pijatnya untuk seluruh tubuh :p

Temenku ada yang ambil kelas yoga untuk ibu hamil. Menurut dia, meskipun gerakan yang diajarkan bukan gerakan sulit tapi cukup bikin capek hihihi.. Yang paling penting apa yang bikin sakit – sakit setelah ikut yoga jadi berkurang.

Mudah – mudahan kalau masih dikasih rejeki dan kesempatan buat hamil berikutnya disini, kepingin memanfaatkan kursus – kursus yang ditawarkan disini.

-ameliasusilo-

Advertisements

5 Comments Add yours

  1. ndu.t.yke says:

    Wah asik tuh akupuntur! Aku benernya suka dan cocok sama akupuntur. Sayangnya blm nemu lagi tpt yg baru yg cocok harganya, hehehe. Jaman mahasiswa dulu, ke dokter umum yg buka praktek akupuntur, cm bayar 20rb. Datang kesana 2x dan alhamdulillah setahun gak sakit kepala lagi. Klo kehamilanku ini, cm mo ikut senam hamil sama kelas laktasi aja sih. Olahraga harian, mantengin Youtube aja 🙂

    1. ameliasusilo says:

      Mba Tyk 20 ribu???? T_T kok murah.. Aku gak ngerasain sesuatu signifikan, mungkin karena cuma sekali.. kalo seminggu sekali mungkin baru ada efeknya.
      Naaah kelas laktasi ini pentinggg, sayangnya ga ada .. Padahal untuk kehamilan pertama trus pas awal-awal nyusuin ini banyak informasi yang kita dan suami harus tahu, akibatnya nangis kaya aku hihihi

      1. ndu.t.yke says:

        Iyooo 20rebu kan harga 12 tahun yg lalu, hahaha….

      2. ameliasusilo says:

        Oalaaaaahhhh hihihi berarti dengan hitung inflasi harganya jadi -______-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s