Dimana dan kemana kalau mau cari buku?

Jawabannya: banyak tempat dan cara! Tergantung mau online shopping atau pergi ke kota.

IMG_9203
beli di Hugendubel

Di Hannover  yang aku pernah kunjungi maupun sekedar lewat ada beberapa tempat. Sepertinya banyak toko buku besar dan toko buku kecil disini. Yang paling gampang dicari itu toko buku di daerah Kröpcke. Hugendubel tadinya ada dua, yang berlokasi di Ernst August Gallery sekarang sudah tutup, tinggal satu toko dimana lokasinya sangat strategis di pojokan dekat H&M tepat berseberangan dengan Kröpcke Uhr. Lehmanns tadinya ada diseberang C&A tapi sayang sudah tutup. Cabang lain yang masih buka ada di dalam MHH. Selain dua nama tersebut ada lagi toko di dekat Burgeramt Mitte dan di daerah List.

Kedua nama tersebut juga menyediakan fasilitas online shopping. Yang menyenangkan adalah tidak ada ongkir jika mau dikirim lewat pos 🙂 atau kalau mau bisa juga diambil dicabang terdekat.

IMG_9202
beli online lewat Lehmanns

Baru – baru ini aku beli buku di Hugendubel buat kado. Bulan ini ada 2 anak yang ulang tahun. Kado mainan bikin bingung takutnya sudah punya.. Sedangkan buku menurutku probabilitas belum punyanya lebih besar. Mungkin karena menjelang natal toko jadi rame banget. Biasanya ya rame tapi ga sampai semua kasir buka. Orang – orang juga belanja lebih dari satu buku. Sebenernya aku jarang beli disini, pertama karena bahasa jerman, yang kedua harga buku termasuk mahal mending beli donner :p. Di depan toko selalu dipajang buku – buku diskon. Ini harta karun, kadang ada buku bagus yang dijual dengan harga miring.

Entah kenapa setiap kali ke toko buku selalu menghabiskan waktu lama. Seneng aja lihat macem – macem buku, apalagi di bagian buku anak. Aku lagi tertarik beli buku harry potter dengan ilustrasi. Kebetulan disana dijual juga yang bahasa inggris eh apa beli yang versi jerman aja ya? Tapi berhubung harganya mahal mungkin beli yang bekas aja kali yaa #irit 😀

Sekitar dua minggu yang lalu, aku belanja buku online di dua portal yang berbeda. Pertama di Amazon beli textbook buat mata kuliah empirische Sozialforschung. Berhubung ada teman yang punya Amazon prime, aku minta tolong deh hehehe.. lagi – lagi alasannya lumayan buat ngirit ongkir dan biasanya lebih cepat sampai. Yang kedua lewat Medimops, portal untuk buku bekas. Aku beli dua buku, textbook statistik dan novel Malory Towers dalam bahasa inggris. Pas bukunya datang tidak berharap banyak sih ehhhh tahunya dua buku tersebut masih dalam keadaan bagus ga ada bocel sama sekali fisik sampulnya. Textbook ada sih coretan, tapi juga rapi tidak mengganggu sama sekali. SUKA!! nagih ini sih beli buku bekas dengan kondisi bagus.

IMG_9204
Amazon
IMG_9205
Medimops

Tentang buku bekas ada tempat – tempat yang bisa dikunjungi disini. Fairkauf yang berlokasi di seberang Primark, memang mengkhususkan untuk jual barang bekas. Bagian buku di lantai dasarnya. Buku bahasa inggris pun tersedia. Ini juga gudangnya harta karun karena harganya miring padahal buku – buku masih layak, contohnya buku hardcover Dan Brown dengan kondisi mirip baru. Terakhir adalah Stadtbibliothek atau perpustakaan kota. Biasanya rak buku bekas diletakkan di depan. Harganya variatif sekitar 50 sen – 2 euro per buku.

harta karun di Fairkauf
harta karun di Fairkauf
IMG_9201
ketemu di Stadtbibliothek List

Pak suami bulan lalu beli buku – buku bekas kesukaannya, komik donal bebek. Di Supermarket Rewe dibagian meja untuk buang sampah biasanya ada papan yang disediakan untuk nempel iklan. Entah gimana caranya dia bisa nemu iklan jual komik ini. Bawa 3 kantong besar seharga 20 euro! Dapet buku bekas gratis?? kita juga pernah. Berhubungan kerja sampingan kami adalah tukang koran yang ngider di pagi buta, maka kita pernah beberapa kali nemu buku – buku yang dibuang sama pemikiknya di depan rumah. Biasanya ditaruh di kotak dan ada tulisan zu verschenken. Yang model begini untung – untungan 🙂

gratisannnn
gratisannnn
Donal Bebek
Donal Bebek

Senang disini banyak cara untuk mendapatkan buku.

-ameliasusilo-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s